Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah BRD (Business Requirement Document) untuk sistem pemesanan transportasi. Untuk aplikasi yang saya jadikan sebagai contoh adalah aplikasi bernama Uber.


Pengertian UBER

Uber merupakan sebuah aplikasi yang menghubungkan pengemudi dengan penumpang secara langsung yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika, Uber Technology, Inc.. Uber menyediakan beragam layanan, mulai dari transportasi personal, pengiriman makanan, pengiriman paket, kurir, transportasi barang, hingga penyewaan kendaraan bermotor.

Uber awalnya bertujuan untuk mengatasi permasalahan taksi yang semakin serius di San Francisco, namun pada tahun 2010 diperluas hingga ke New York. Setelah diperluas, Uber mendapatkan respon publik sangat positif dan antusias dalam menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif sistem transportasi umum bersifat personal yang sangat nyaman dengan biaya layanan yang terjangkau.

Seiring dengan waktu, Uber mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan tercepat di dunia. Diperkirakan, telah memiliki lebih dari 93 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Cara Kerja Uber

Uber memiliki sitem kerja yang relatif mudah. Untuk dapat mengaksesnya, harus mengunduh aplikasi dan mendaftarkan akun sebelum Anda dapat melakukan apa saja.

  1. Dapatkan aplikasi iPhone dari sini dan aplikasi Android dari sini. Keduanya gratis.
  2. Buat akun dengan nama, alamat email, nomor telepon, dan informasi pembayaran Anda. Tidak ada yang bisa terjadi sampai Anda memasukkan semua ini.
  3. Masuk ke aplikasi dan izinkan untuk menggunakan lokasi Anda karena tidak akan berfungsi sebaliknya.
  4. Pilih jenis mobil. Ini dapat bervariasi tergantung di mana Anda tinggal. UberX adalah opsi anggaran default. Mobil Hitam adalah sedan mewah dan Rush adalah jika Anda benar-benar terburu-buru. Pilihan lain termasuk Taxi, yang akan menjadi taksi yang bekerja dengan Uber dan SUV cukup jelas.
  5. Pilih titik pengambilan dan tujuan Anda dan kemudian atur jenis pembayaran Anda. Akun Uber adalah default.
  6. Periksa biaya, ETA, dan ukuran mobil maks.
  7. Tunggu di luar titik pengambilan untuk mobil.Stakeholder Aplikasi Uber

Pengguna atau pelanggan dapat mengorder layanan yang dibutuhkan melalui aplikasi Uber. Secara otomatis aplikasi akan memberikan rincian informasi pesanan termasuk biaya layanan. Jika pengguna melanjutkan pesanan, aplikasi akan mencarikan driver guna merealisasikan pesanan tersebut.

Pelanggan dapat memantau pergerakan driver dengan mudah, karena aplikasi dilengkapi dengan ‘peta layanan’ secara real time. Setelah transaksi selesai, pelanggan dapat memberikan peringkat (rating) atas layanan driver. Driver dengan

Stakeholder aplikasi

Stakeholder dari aplikasi ini adalah :

  • Pembuat aplikasi yang meliputi :

1.     Project Manager

2.     Business Analyst

3.     Process Analyst

4.     Data Modeller

5.     Designer

6.     Developer

7.     Tester

8.     Product Owner

9.     Documentation

10. Database Administrator

11. Quality Check

12. Quality Assurance

  • Driver : Pengemudi yang akan menerima pesanan / order dari user untuk melakukan pengantaran ke tempat tertentu.
  • User : Pengguna yang memerlukan jasa driver untuk diantar dari tempat asal hingga sampai ke tempat tertentu.
  • Pemilik Aplikasi (Uber Admin, User Testing) : Pihak yang akan melakukan validasi terhadap pemesanan jasa driver, melakukan verifikasi terhadap user yang melakukan pemesanan, serta menghubungkan user dengan driver yang akan melakukan penjemputan dan pengantaran.
  • Pihak ketiga pembayaran : e-wallet, e-money, internet banking, serta segala metode yang dapat digunakan user untuk melakukan pembayaran pesanan.

Functional & Non-Functional Requirements

Functional Requirements

  1. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan registrasi ke dalam sistem.
  2. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk login ke dalam system
  3. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan pendaftaran menjadi jasa service
  4. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memberikan rating terhadap hasil kerja jasa service.
  5. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan pesan terhadap jasa service.
  6. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk merubah profi dari pengguna.
  7. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melihat lokasi driver terdekat.
  8. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih lokasi penjemputan.
  9. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih lokasi pengantaran.
  10. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melihat biaya jasa service.
  11. Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk melakukan login.
  12. Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pendaftaran jasa service.
  13. Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pemesanan jasa service.
  14. Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pengguna.
  15. Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Non-Functional Requirements

  1. Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  2. Sistem hanya bisa diakses menggunakan sistem operasi Android dengan versi minimal 4.0 (Ice Cream Sandwich).
  3. Sistem harus membutuhkan koneksi internet minimal tingkat koneksi Edge.
  4. Sistem harus memiliki latensi yang rendah.
  5. Sistem harus mampu melakukan multikomunikasi dimana sistem dapat menangani beberapa permintaan pesanan di waktu yang sama sehingga mencegah kemungkinan satu atau lebih user mendapatkan driver yang sama.
  6. Sistem harus berhasil dalam menyimpan semua transaksi, baik profil dan ulasan pengguna, lokasi pengguna maupun pemesanan jasa.
  7. Sistem menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  8. Sistem dibuat tanpa menyalahi ketentuan hukum Hak Kekayaan Intelektual.
  9. Sistem harus mampu menangani jumlah user yang semakin banyak dengan tetap mempertahankan kriteria - kriteria di atas.

·  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PBO 5_TECHNICAL SUPPORT SYSTEM